Selasa, 05 Maret 2013

Gejala dan Cara Mengobati Jerawat Dari Luar dan Dalam


Siang sob.. kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana Cara Mengobati Jerawat termasuk definisi, gejala dan ciri-ciri jerawat. okeh langsung saja gan baca yang di bawah ini:



1. Pengertian atau definisi Jerawat
Jerawat adalah gangguan pada kulit akibat dari kelebihan produksi kelenjar minyak yang menyebabkan terjadinya infeksi dan radang pada kulit manusia. Pengertian lain yaitu situasi tatkala pori-pori kulit mengalami suatu penyumbatan yang mengakibatkan minyak yang diproduksi di dalam tubuh terhalang dan tidak bisa keluar. Keadaan ini apabila terus berlanjut akan menyebabkan terjadi penggumpalan. Jerawat sangat sering muncul pada orang yang menginjak usia remaja bahkan tak jarang orang yang sudah dewasa sekalipun bisa terkena jerawat. Menurut Kligman seorang peneliti masalah jerawat, "bahwa tidak seorangpun yang ada di dunia ini yang tidak pernah mengalami jerawat pada kulitnya". Kemunculan jerawat pada kulit bisa mengakibatkan seseorang kehilangan rasa percaya dirinya.

2. Gejala dan Ciri-ciri Jerawat
Gejala dari jerawat sendiri bisa bermacam-macam tergantung pada jenis dan tingkat keparahan jerawat tersebut. Gejala paling umum yaitu timbulnya benjolan yang berwarna kemerahan atau kuning yang mengandung nanah. Ciri-ciri jerawat juga bisa dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu jerawat yang meradang dan dan tidak meradang:

A. Jerawat Yang Meradang.
Jerawat yang meradang ciri-cirinya berwarna kemerah-merahan dan terjadi peradangan serta pembengkakan, juga gejala adanya iritasi pada kulit. Meskipun jerawat bukan merupakan kondisi medis yang serius, tapi ada baiknya anda mewaspadai supaya tidak menimbulkan kondisi yang lebih parah yang berakhir pada kerusakan kulit fatal. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan yang memahami masalah kesehatan.

B. Jerawat yang tidak meradang.
Kalau jerawat yang termasuk tipe ini secara kasat mata kurang terlihat, namun menyebabkan kulit anda terasa kasar. Tapi walau tidak terlihat bukan berarti anda membiarkan begitu saja karena jerawat yang tidak meradang bisa menjadi jerawat yang meradang juga pada akhirnya.

3. Penyebab Munculnya Jerawat

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya jerawat pada kulit, namun secara umum yang menyebabkan munculnya jerawat adalah sebagai berikut:

a. Akibat dari aktifitas hormon
Tidak bisa dipungkiri bahwa bahwa setiap orang akan melewati masa pergantian siklus hormonal terutama pada masa remaja yang dikenal dengan masa pubertas. Yaitu masa dimana seseorang menginjak usia remaja. Pada masa ini seorang yang memproduksi hormon bisa mengakibatkan kelenjar  minyak yang berlebih. Siklus hormonal juga terjadi pada masa menstruasi seorang wanita yang salah satunya menyebabkan munculnya jerawat.

b. Produksi minyak yang berlebihan atau kelenjar minyak yang terlalu aktif
Selain karena kulit yang kotor, jerawat juga muncul akibat dari produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Keadaan inilah yang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan saluran folikel rambut. Hal ini bisa dikarenakan salah makan atau tidak cocok dengan makanan tertentu.

c. Karena Faktor Keturunan atau Genetik
Faktor genetik ini juga turut mempengaruhi munculnya jerawat. Pepatah mengatakan "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya". Jadi apabila orang tua baik dari ayah atau dari ibu adalah orang yang mudah terkena jerawat, maka kemungkinan ini juga bisa menurun kepada anaknya.

d. Akibat dari Sel-sel Kulit Mati
Seiring bertambahnya usia, maka akan terjadi pergantian sel-sel di dalam tubuh. Tidak terkecuali dengan kulit. Sel-sel yang mati akan digantikan dengan sel-sel yang baru. Tetapi apabila tidak telaten dalam merawat kulit misalnya jarang dibersihkan atau dibersihkan tapi tidak benar-benar bersih, maka sel-sel ini akan menumpuk dan bercampur dengan minyak yang berlebihan akhirnya berakibat iritasi dan menimbulkan jerawat.

e. Karena Bakteri
Apabila sel kulit yang mati serta minyak yang berlebih terinfeksi oleh bakteri maka otomatis juga akan menginfeksi juga pada kulit. Kulit yang sudah terinfeksi karena bakteri inilah yang akan mengalami iritasi sebagai bentuk reaksi tubuh/kulit dalam melawan bakteri dari luar yang berbahaya.

f. Penggunaan atau konsumsi obat-obatan
Mengkonsumsi obat-obatan tertentu bisa menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat. Obat-obatan yang mengandung unsur kimia tertentu seperti kortikosteroid baik yang diminum (oral) maupun yang penggunaanya dioles bisa mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh. Menurunnya daya tahan tubuh maka aktifitas bakteri patogen akan meningkat. Peningkatan aktifitas bakteri + produksi minyak berlebih + penyumbatan pori-pori karena menumpuknya sel kulit mati = kemunculan jerawat.

g. Karena Pemakaian Kosmetik
Mengapa kosmetik juga bisa menyebabkan jerawat? Hal itu dikarenakan banyak dari kosmetik yang beredar di pasaran mengandung zat-zat yang tidak cocok untuk kulit. Jika si A cocok menggunakan kosmetik X, belum tentu si B cocok menggunakan kosmetik yang sama. Jenis kosmetik yang bisa menyebabkan jerawat adalah yang mengandung unsur minyak, zat pewarna dan pengharum.

h. Karena Makanan dan Minuman yang menyebabkan Jerawat
Makanan dan minuman seperti apa yang bisa menyebakan jerawat? Makanan dan minuman yang manis, dimasak dengan santan, es krim dan minuman ringan yang mengandung kafein. Belum lagi makanan sekarang                      
yang kebanyakan digoreng.

i. Akibat dari Stress
Tuntutan hidup zaman sekarang yang semakin dinamis, tekanan dari pekerjaan dan kemacetan di kota-kota besar tak jarang bisa menimbulkan stress. Hal ini secara tidak langsung berdampak pada pola makan. Kebiasaan orang yang stress menjadikan makanan yang manis dan berlemak sebagai "pelarian" bisa memicu timbulnya jerawat.


BAGAIMANA CARA MENGATASI JERAWAT SECARA ALAMI
Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu ditempuh bagi anda yang mengalami masalah jerawat, langkah-langkah ini sendiri terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu: menghilangkan jerawat dari dalam dan cara menghilangkan jerawat dari luar.

1. Cara menghilangkan jerawat dari dalam
Pada langkah ini yang anda lakukan adalah membiasakan diri anda untuk menghindari faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat.

a. Perhatikan jenis makan yang anda konsumsi
Cobalah hindari makan makanan  yang mengandung banyak lemak penyebab jerawat seperti, santan, kacang-kacangan, yoghurt, coklat. Hindari juga minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh. Hindari pula makanan yang pedas karena dapat mengganggu pencernaan sehingga proses pengolahan dan pembuangan lemak melalui usus menjadi terganggu.

b. Biasakan mengkonsumsi makanan yang berserat (fiber)
Makanan yang berserat sangat baik untuk pencernaan, serat membantu untuk mengikat lemak serta zat-zat berbahaya lainnya bagi tubuh. Serat juga membantu melancarkan pencernaan sehingga proses pembuangan lemak dan zat beracun melalui kotoran menjadi lancar

c. Konsumsi buah-buahan dan sayuran
Karena buah dan sayur mengandung serat, maka ini sangat bagus untuk membantu baik pencegahan maupun pengobatan jerawat. Kebanyakan gaya hidup sekarang memang dengan menu makanan yang sedikit sekali mengandung serat menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat. Belum lagi ditambah orang-orang zaman sekarang yang kurang suka dengan sayuran.

d. Menjaga kebersihan kulit dan wajah
Ini tujuannya untuk supaya kotoran tidak menempel pada kulit dan wajah yang mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori dan menghalangi keluarnya minyak sehingga terjadi penumpukan atau penggumpalan yang memicu timbulnya jerawat.

e. Perbanyaklah minum air putih
Air putih sangat bagus untuk proses metabolisme tubuh serta membantu regenerasi sel-sel kulit mati. Air putih juga sangat bagus untuk kesehatan kulit serta membantu membersihkan kulit dari kotoran.

f. Istirahat lah yang cukup dan hindari stress
Mengapa istirahat penting untuk membantu menyembuhkan jerawat? Para pakar kesehatan mengatakan bahwa pada saat kita beristirahat, maka proses regenasi sel akan berlangsung. Itu artinya pada saat anda beristirahat akan terjadi proses dimana sel-sel kulit yang mati akan digantikan oleh sel-sel kulit yang baru.

g. Olah raga yang cukup
Dengan olah raga serta istirahat yang cukup akan membantu tubuh untuk menstabilkan hormon yang tidak seimbang akibat stress.

2. Cara menyembuhkan jerawat dari luar
Pada langkah ini yang anda lakukan adalah cara pengobatan dari luar yaitu penggunaan bahan-bahan alami pada wajah anda untuk mengatasi jerawat.

a. Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih selain untuk pengharum masakan ternyata juga bisa untuk membantu mengobati jerawat. Caranya tumbuklah bawang putih sampai halus, selanjutnya tempelkan/usapkan pada wajah biarkan selama beberapa menit lalu basuh lah dengan air sampai bersih. Lakukan langkah ini secara rutin minimal satu kali sehari. Paling cocok digunakan pada saat anda selesai beraktifitas ketika kulit berkeringat dan mengeluarkan minyak.
b. Menggunakan Putih telur
Selain memiliki protein yang tinggi, putih telur juga bagus untuk memperhalus wajah dan kulit. Pecahkan telur, pisahkan dari kuningnya kemudian jadikan sebagai masker tunggu kira-kira 15 menit selanjutnya bilas atau cuci dengan air sampai bersih. Paling cocok digunakan malam hari sebelum tidur.

c. Mentimun dan tomat
Mentimun dan tomat mengandung antioksidan yang bisa mengikat racun dan  bisa memberikan efek sejuk dan kelembaban pada kulit wajah. Cukup iris mentimun tempelkan pada wajah anda selama 15 menit.

d. Cuci dengan air hangat
Air hangat membantu untuk membuka pori-pori yang tertutup sehingga mempermudah pengeluaran lemak dan kotoran pada wajah serta supaya pembersih wajah bisa bekerja secara efektif.

e. Menggunakan madu
Semua pasti sudah tahu dan setuju kalau madu sangat baik untuk kesehatan, termasuk untuk kulit wajah. Oleskan wajah yang berjerawat dengan madu tunggu 15 menit kemudian usaplah dengan kapas lalu bilas. Ini membantu supaya jerawat mengering.

f. Menggunakan kulit jeruk dan lemon
Manfaat kulit jeruk dan lemon adalah mengangkat residu dan kotoran pada kulit wajah. Kulit jeruk harus ditumbuk sampai halus dan dicampur sedikit air panas, lalu lumuri pada kulit yang berjerawat tunggu 10 menit kemudian bilas.

g. Menyembuhkan jerawat dengan pepaya
Khasiat pepaya adalah membantu untuk mengatasi peradangan pada kulit wajah. Blender pepaya hingga halus tempelkan pada kulit wajah yang berjerawat dan terkena komedo. Metode ini harus menunggu agak lama yaitu sekitar 20 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

h. Menggunakan air rebusan daun sirih
Mungkin cara ini termasuk jarang digunakan, tapi tidak ada salahnya dicoba. Caranya ambil lah beberapa lembar daun sirih lalu rebus dengan secangkir gelas air sampai mendidih. Tunggu suhu air menjadi hangat kemudian ambil kapas celupkan di air rebusan tadi dan tempelkan pada kulit wajah yang berjerawat. Lalu keringkan dengan handuk yang bersih.

Okes sekian artikel Gejala dan Cara Mengobati Jerawat Dari Luar dan Dalam good luck semoga bermanfaat..

Referensi : Dari Berbagai Sumber


Ditulis Oleh : Nurhidayat Pamere // 21.54
Kategori:

3 komentar:

  1. Artikelnya boleh bagus , tapi maaf ...
    Orang yang buatnya engga bagus buangget ...:D

    BalasHapus
  2. Informasi yang sangat bermanfaat sekali bagi pembaca dan bagi penderita hormon tidak seimbang. Jangan lupa untuk berkunjung ke blog >> Obat Hormon Tidak Seimbang

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas infonya, saya harap semua tulisan di halaman ini dapat membantu seseorang menemukan informasi yang bermanfaat. salam dari saya min. mungkin saya bisa menambahkannya di artikel Penyebab Jerawat
    .

    BalasHapus

About Me

Foto Saya
Nurhidayat Pamere
Lihat profil lengkapku
 
PAMERE. Diberdayakan oleh Blogger.