Rabu, 06 Maret 2013

Cara Menyembuhkan Penyakit Panu Dengan Metode Tradisional

Hallo sobat pamere.. seperti biasanya saya akan posting artikel tentang ilmu kesehanan tentunya dengan judul postingan yang berbeda yaitu Cara Menyembuhkan Penyakit Panu Dengan Metode Tradisional. Inilah artikelnya :



Pitriyasis Versicolor atau lebih kita kenal dengan “panu” merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur Pityrosporum ovale di permukaan kulit.  Ciri dari penyakit ini adalah timbulnya bercak putih, coklat atau merah (tergantung warna kulit) pada bagian permukaan kulit tubuh, bisa di punggung, leher, dada, lengan, kaki, dll.  Namun, penyakit kulit ini banyak menyerang bagian punggung. Bercak ini timbul disertai dengan rasa gatal, terutama saat berkeringat. 

PENYEBAB MUNCULNYA PANU
Panu muncul bisa jadi disebabkan kebiasaan kurang menjaga kesehatan tubuh, misalnya jarang mandi.  Atau bisa juga muncul karena produksi keringat berlebih di tubuh yang kemudian memicu munculnya jamur yang secara leluasa bisa berkembang biak dengan baik dipermukaan kulit yang lembab.
Panu memang bukan penyakit yang mematikan, namun dapat mengurangi kecantikan dan rasa percaya diri, untuk itu ada baiknya pencegahan dilakukan sebelum panu tersebut muncul.  Berikut Beberapa Tips Untuk Mencegah Datangnya Panu :
  1. Jaga kebersihan tubuh dengan mandi minimal 2 kali dalam sehari. 
  2. Gunakan handuk pribadi, bukan berbagi dengan orang lain terutama yang menderita panu. 
  3. Jemur handuk setelah dipakai. 
  4. Ganti handuk minimal dua minggu sampai satu minggu sekali. 
  5. Jangan memakai pakaian secara bergantian dengan orang lain. 
  6. Gantung atau simpan pakaian atau baju ditempat yang kering.  Jangan menggantung baju terlalu lama pula, karena dapat memicu munculnya jamur pada pakaian. 

Bagi yang sudah terlanjur terkena panu. Berikut ini adalah Beberapa Cara Menghilangkan Panu Dengan Metode Tradisional :


A. Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Belerang

Ambil belerang secukupnya dan tumbuk halus. Campur dengan minyak kelapa dan keruk nipis secukupnya. Oleskan pada bagian kulit yang berpanu dan lakukan secara rutin hingga panu benar-benar hilang.

B. Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Lengkuas
Lengkuas diparut dan dicampur dengan minyak tanah, gosokkan pada bagian yang berpanu.

C. Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Kunyit
Sama seperti ramuan lengkuas, kunyit diparut dan dicampur dengan garam kasar atau garam kristal lalu oles dan gosokkan pada bagian kulit yang berpanu.

D. Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Daun Leunca
Pucuk daun leunca dicampur dengan garam kristal.  Setellah tercampur bungkus dengan daun pisang, lalu kukus. Setelah matang, gosokkan pada bagian kulit yang terkena panu.

E. Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Daun Pare
Pucuk daun pare dicampur dengan kapur sirih, kemudian tumbuk halus.  Setelah halus, oles dan gosokkan pada bagian kulit tubuh yang terkena panu.

F. Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Kulit Pohon Pinang
Bagian kulit pohon pinang yang masih berwarna hijau diserut menggunakan pisau, kemudian hasil serutan tersebut digosokkan pada bagian kulit yang berpanu.

G. Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Daun Kemangi
Daun Kemangi ditumbuk, campur dengan kapur sirih, mentimun dan belerang secukupnya. Ramuan kemudian dioleskan dibagian kulit yang berpanu.

H. Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Bunga Kenanga
Beberapa tangkai bunga kenanga ditumbuk sampai halus, campur dengan minyak kelapa dan sedikit belerang. Oleskan pada kulit yang berpanu.

I. Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Sereh
Batang sereh dimemarkan (bagian bawah) sampai mengeluarkan air, oleskan batang sereh tersebut pada bagian kulit tubuh yang berpanu. Oleskan 2-3 kali seminggu setelah mandi sore.

J. Cara Menghilangkan Panu menggunakan bawang putih
1 siung bawang putting diiris menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan irisan bawang putih tersebut pada bagian kulit tubuh yang berpanu. Lakukan pada pagi dan malam hari secara teratur sampai panu mengering dan hilang.

Itulah 10 Cara Menyembuhkan Penyakit Panu Pada Kulit.Silahkan dicoba sob semoga cepet sembuh..amin. 
Semoga dapat membantu..

Ditulis Oleh : Nurhidayat Pamere // 21.13
Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

About Me

Foto Saya
Nurhidayat Pamere
Lihat profil lengkapku
 
PAMERE. Diberdayakan oleh Blogger.