Sabtu, 22 September 2012

SEJARAH PALANG MERAH INTERNASIONAL

    Sejarah lahirnya palang merah diawali dengan adanya peperangan pada tanggal 24 juni 1859 di solferino itali utara, pasukan Prancis dan Itali sedang bertempur melawan pasukan Austria.

    Pada saat itu Hendry Dunant tiba disana dengan harapan dapat bertemu dengan kaisar Prancis (Napoleon III). Henry Dunant secara kebetulan menyaksikan pertempuran itu. Saat itu dinas medis militer kewalahan dalam menangani korban perang yang mencapai 40.000 orang.

    Tergetar oleh penderitaan tentara yang terluka Henry Dunant bekerjasama dengan penduduk setempat segera bertindak mengkoordinasikan bantuan untuk mereka.setelah kembali ke swiss, Henry Dunant menggambarkan pengalaman itu ke dalam sebuah buku yang berjudul : UN SOUVENIR DE SOLFERINIO/ A MEMORI OF SOLFERINO yang artinya kenang-kenangan dari solferino tahun 1862.Dalam bukunya Henry Dunant mengajukan 2 gagasan, yaitu :1. membentuk organisasi sukarelawan, yang akan disiapkan dimasa damai untuk menolong para prajurit yang terluka di medan perang. 2. mengadakan perjanjian internasional guna melindungi prajurit yang cidera di medan perang ,serta sukarelawan dari organisasi tersebut pada waktu memberikan perawatan.


 

    Pada bulan februari 1863 membentuk komite 5 internasional dengan tokohnya sebagai berikut :


 

  1. Jean Henry Dunant.
  2. Jenderal henry dufour.
  3. Dr.Louis Appia.
  4. Gustave moynier (Ahli hukum).
  5. Dr.
    Theodore Mounoir (Ahli hukum).


     

    Kemudian diganti menjadi ICRC (International Comite Of The Red Cross) atau KIPM (Komite Internasional Palang Merah) pada tanggal 05 Mei 1919 lahir LPNPM (Liga Perhimpunan Nasional Palang Merah) atau LRCS (Liga Red Cross Society) dan PNPM (Perhimpunan Nasional Palang Merah).


 

Ditulis Oleh : Nurhidayat Pamere // 06.48
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Nurhidayat Pamere
Lihat profil lengkapku
 
PAMERE. Diberdayakan oleh Blogger.