Rabu, 03 April 2013

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alam

Kali ini saya akan berbagi ilmu kesehatan tentang Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alam dan Tips Menghilangkan Bau Mulut Dari para Dokter Gigi. Bagi Sobat yang mempunyai masalah bau mulut pengobatannya ada di bawah ini.




Berikut adalah beberapa Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alam :

1. Sirih
    Sirih bagus atasi bau mulut, maka gunakanlah untuk perangi bau tidak sedap dimulut. Caranya cuci bersih daunnya kemudian di rebut gunakan air sekitar 1.5 gelas. Setelah itu diamkan hingga air rebusan siri berubah dingin, dan gunakan untuk berkumur setelah anda menggosok gigi.

2. Cengkih
    Ambil sekitar 3 atau 5 bunga cengkih. Kemudian seduh dengan air secukupnya dan rebus selama sekitar 5 menit. Setelah itu diamkan hingga dingin, dan air rebusannya kamu gunakan untuk berkumur.

3. Buah Apel dan Buah pir
    Buah-buahan ini memang kaya akan serat, dengan  mengunyah buah-buahan semacam ini akan membantu mulut memproduksi air liur. Kedua hal ini akan menciptakan semacam pembersih mulut bagi kita.

4. Buah Lemon
    Coba anda hisap irisan lemon, atau menggigit-gigit kecil di pinggiran lemon tersebut. Apabila Anda di restoran, bisa memesan air putih bersama potongan lemon di dalamnya, atau lemon tea. Dalam keadaan yang mendesak, permen dengan rasa lemon juga dapat  membantu menghilangkan bau mulut.

5. Buah Jambu biji
    Jambu biji ternyata juga memiliki aroma yang sangat kuat untuk menghilangkan bau mulut yang kurang  sedap. Makanlah satu atau dua buah setelah anda mengkonsumsi makanan yang berbau


Dan di bawah ini adalah Tips Menghilangkan Bau Mulut yang dikutip dari beberapa dokter gigi yang dipaparkan diberbagai forum :

  1. Hal pertama adalah senangtiasa menjaga kesehatan mulut dengan cara menggosok gigi secara rutin pada pagi hari atau habis sahur dan sebelum tidur. Pada saat menggosok gigi usahakan untuk menggosok bagian langit-langit mulut kita dan juga lidah, karena biasanya sisa-sisa makanan biasa nempel dibagian-bagian tersebut.
  2. Usahakan untuk hindari makanan yang berbau/menyengat seperti bawang, durian, atau petai.
  3. Perbanyaklah minum air putih berguna untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
  4. Mengkonsumsi makanan probiotik, berguna mencegah bau mulut dan membantu kesehatan pencernaan.
  5. Sebaiknya menghindari alkohol dan rokok karena hal tidak ada gunanya, semuanya itu dapat memicu terjadinya periodontitis dan gingivitis yang memperburuk kebersihan mulut. Selain itu, alkohol dapat mengurangi produksi air liur yang mengakibatkan semakin cepatnya perkembangan bakteri.
  6. Senangtiasa mengkonsumsi buah dan sayuran seperti apel, wortel, bengkuang. Pada saat anda berbuka disarankan untuk mengkonsumsi buah.
  7. Bahan-bahan seperti ketumbar, mint, tarragon, kayu putih, rosemary dan kapulaga dapat menangkal dan memerangi bau mulut.
  8. Konsumsi keju dapat memerangi bakteri dalam mulut kita, karena keju kaya akan kalsium, rendah karbohidrat, dan mengandung fosfat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur, dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.
  9. Konsumsi vitamin C juga dapat mengatasi bau mulut, karena dapat vitamin C dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi pertumbuhan bakteri. Dapatkan vitamin C dari buah dan makanan lain, jangan dari suplemen, karena itu hanya justru memperparah bau mulut.
  10. Dan yang terakhir, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan obat kumur.

Sekian, Semoga Bermanfaat.

Ditulis Oleh : Nurhidayat Pamere // 22.08
Kategori:

2 komentar:

  1. noh baru tau sama buah apel juga bisa, terimakasih mas infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok. selamat mencoba gan.

      terimakasih sudah berkunjung

      Hapus

About Me

Foto Saya
Nurhidayat Pamere
Lihat profil lengkapku
 
PAMERE. Diberdayakan oleh Blogger.