Jumat, 18 Januari 2013

Pengenalan dan Cara Mengobati Penyakit Tifus

Kali ini saya akan coba posting tentang bagaimana caranya mengobati penyakit tifus, yang sebelumnya saudara saya sendiri yang mengalaminya, mungkin karna faktor itu juga kali ya yang membuat saya ingin memposting artikrl ini.
langsung saja tanpa basa basi lagi.. silahkan di simak..    
 
Tipus merupakan suatu penyakit infeksi aku yang menyerang usus halus,terutama bagian yang bernama plague peyeri.Penyakit ini bisa menyerang siapa saja,mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan orang tua,laki-laki maupun wanita.Sialnya,penyakit ini bisa terjadi berulang kali.Bahkan dapat dikatakan bahwa seseorang yang pernah terkana tipus akan mudah terkena lagi dimasa yang akan datang.

Teliti kenali gejala.
Kerap kali  kasus tipus tumpang tindih dengan kasus demam berdarah.Hal itu disebabkan karena gejala diantara kedua penyakit tsb hampir serupa.yaitu diawali dengan demam tinggi dan efek analgesik.Karenanya diperlukan ketelitian yang tinggi untuk mengenali gejalanya.

Gejala klinis tipus pada anak-anak biasanya lebih ringan daripada orang dewasa.Masa inkubasi bakteri rata-rata 10-20 hari.Namun, bisa juga hanya 4 hari.Bisa sangat singkat jika terinfeksinya melalui kuman yang masuk melalui makanan.Selama masa inkubasi,akan ditemukan gejala-gejala yang munkin mirip dengan penyakit lain,seperti badan pegal-pegal,lesu,nyeri kepala,pusing dan tidak bersemangat.Gejala klinis yang ditemukan setelah masa inkubasi lewat adalah demam tinggi,terutama pada malam hari.Jika tidak ditangani dengan tepat,demam ini dapat terus menerus,bisa sampai tiga minggu.

Selain panas tingg,juga tercium bau mulut yang tidak sedap,bibir kering dan pecah-pecah.Lidah terliputi dengan selaput putih kotor.Sering ditemukan perut kembung dan konstipasi alias tidak buang air besarselama beberapa hari.Atau sebaliknya,tipus juga dapat menyebabkan diare parah yang disertai dengan berak darah akibat luka pada usus.

Bila sudah parah,penyakit ini dapat menimbulkan akibat fatal,seperti terjadinya perdarahan usus atau bahkan sobeknya usus.Selain itu,akibat fatal lainya adalah koplikasi yang merembet hingga sistem peredaran darah,gangguan paru,ginjal,hepar,dan sistem kesadaran.

Penyakit menular.
Tipus digolongkan penyakit yang sangat menular karena sangat mudah bakteri salmonella terbawa berbagai macam media,seperti sentuhan kulit,makanan,dan melalui perantaraan lalat atau serangga lainya.Setiap orang yang terinfeksi kuman salmonella,akan mengekskresikan kuman tsb dengan feses dan air seni selama beberapa atau sekitar tiga bulan.Jika hal ini terjadi terus menerus setelah lebih tiga bulan maka yang bersangkutan dikatakan sebagai carrie.Orang yang menjadi carrier ini merupakan sumber penularan penyakit tipus pada orang lain.Kuman tipus bisa tinggal pada carrier tadi hingga lebih dari 1 tahun.

Perawatan dan pengobatan
Perawatan tipus perlu dirawat dirumah sakit untuk isolasi supaya tidak menular,Biasanya,dokter akan mewajibkan penderita untuk bed rest,istirahat ditempat tidur untuk waktu minimal 7 hari.Istirahat total ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya konplikasi di usus dan mempercepat penyembuhan luka pada usus.Selama itu,dokter akan memberikan antibiotika dan jika dibutuhkan,pasien akan di infus agar tidak kekurangan cairan tubuh.

Penderita tipus haruslah mengatur pola dan jenis makanan.Selama masih sakit,makanan yang dikonsumsi adalah makanan lunak,hidari makanan pedas,asam terlalu manis,terlalu asin,dan jenis makanan yang berefek panas.

Selama proses perawatan dan pengobatan,pemberian suplemen kesehatan yang tepat sangat dianjurkan.Madu adalah salah satu makanan tambahan yang sangat dianjurkan.Kandungan enzim dan sifat antibakterinya sangat membantu proses kesembuhan.

Lingkungan sehat air bersih.
Usaha pencegahan penyakit tipus ini dibagi dalam dua upayayaitu terhadap lingkungan hidup dan manusianya sendiri.Penyediaan sarana air minum yang memenuhi syarat ,pembuatan jamban yang higienis,pembrantasan lalat dan pengawasan terhadap rumah makan dan penjual makanan adalah beberapa hal yang dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Air minum yang sehat dan bersih menjadi sangat vital saat ini.Tipus menjadi salah satu "penyakit faforit"pada suatu daerah yang tidak mempunyai sumber air minum yang bersihdan sehat.Lewat air,bakteri salmonella sangat mudah ditularkan,apalagi jika air itu terminum,upaya pencegahan dapat dimolai dari memperoleh sumber air minum saat ini sudalah lazim para keluarga menggunakan instlasi permunian air untuk memperoleh air yang bersih dan bebas bakteri.

Pemulihan kondisi paska tipus.
Pemulihan kondisi tubuh pasca penyakit tipus memang terbilang cukup lama,dapat berkisar antara 1-3 bulan sebelum kondisi tubuh dpt kembali normal.Oleh sebab itu,akan lebih baik apabila sementara ini anda dpt memperbanyak waktu istirahat dan mengonsumsi nutrisi yang adekuat..Jika anda merasa bahwa nutrisi yang anda peroleh dari makanan sehari-hari kurang,makasangat bijaksana anda mengonsumsi suplemen kesehata secara teratur.Suplemen tsb memberikan mikronutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh,terutama pada fase pemulihan kondisi.

Dan tak lupa hidari terlebih dahulu makanan yang pedas,asam,dan beraroma tajam,masaklah makanan secara matang ,jauhkan dahulu mengonsumsi makanan mentah seperti shusi dan lalapan sayuran mentah.

Ditulis Oleh : Nurhidayat Pamere // 05.51
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Nurhidayat Pamere
Lihat profil lengkapku
 
PAMERE. Diberdayakan oleh Blogger.