Selasa, 18 Desember 2012

Pertolongan Pertama Pada Cidera Mata

Masih pada pertolongan pertama kali ini saya akan berbagi ilmu tentang pertolongan pertama pada cidera mata, bagi teman-teman yang sedang mengalami cidera mata semoga postingan ini dapat bermanfaat.
 
Mata sebagai salah satu panca indera paling penting ditubuh kita, dengan mata kita bisa menyaksikan betapa indahnya pemandangan dunia ini. Namun adakalanya panca indera yang satu ini mengalami cedera, bisa pada bagian luar seperti kelopak mata atau bagian dalam (bola mata itu sendiri).

Terjadinya cedera pada mata bisa menyebabkan hal yang sangat fatal seperti kebutaan, jika anda mengalami atau menemukan korban dengan cedera mata, maka berikut panduan Pertolongan Pertama yang dapat teman-teman lakukan untuk melakukan pertolongan:
  1. Jangan lakukan penekanan langsung terutama bila bola mata juga mengalami cedera
  2. Bila ada benda tertanam di mata atau ada luka sayat, jangan berusaha untuk membersihkan
  3. Jangan mencabut benda yang menancap
  4. Jangan berupaya memasukkan bola mata yang keluar
  5. Kurangi gerakan mata
  6. Tutup juga mata yang sehat untuk mencegah gerakan mata yang cedera, karena pergerakan mata merupakan pergerakan yang simultan kiri dan kanan. Pada korban yang sadar ini harus dilakukan terlebih dahulu
  7. Pada korban yang tidak sadar, sebelum ditutup kelopak mata harus ditutup untuk mencegah bola mata menjadi kering yang bisa berakibat kebutaan
  8. Segera rujuk ke fasilitas kesehatan
semoga bermanfaat sob..

sumber : http://pertolonganpertama-pertolonganpertama.blogspot.com

Ditulis Oleh : Nurhidayat Pamere // 22.13
Kategori:

1 komentar:

About Me

Foto Saya
Nurhidayat Pamere
Lihat profil lengkapku
 
PAMERE. Diberdayakan oleh Blogger.